[life] 2013 |MMXIII

bye bye 2013

bye bye 2013

2013 nampaknya terlalu spesial untuk dilewatkan tanpa catatan. Fakta bahwa 2013 adalah tahun yang sebenarnya tidak exist menurut Maya kuno saja sudah bikin tahun 2013 spesial. Jadi walaupun belum pernah bikin ginian, untuk 2013, kita buat perkecualian. Here we go.

1. Welcome to Forties

Orang bilang 40 adalah awal kehidupan baru. Mungkin karena secara alami grafik kesehatan mulai turun dan pengalaman hidup sudah cukup banyak, usia 40 emang pas untuk mulai perspektif baru mengenai hidup. Kalau melihat ke belakang, ga usah jauh-jauh, 10 tahun saja, amat banyak perspektif yang sudah berubah, terutama yang berkaitan dengan prioritas dan makna hidup.

Tidak perlu dilanjutkan, nanti jadi buku. But becoming 40 does make you think.

2. Two ‘new’ friends

Ada dua orang di rumah yang tahun 2013 mulai bisa memanggil ‘papi’ (de facto dan de jure). Sebutan yang amat mendalam, melebihi gelar apa pun yang ada di dunia. Gemini sudah mulai bisa jadi teman ngobrol. Amat mencengangkan dan benar-benar asyik menjadi teman mereka. Bukan cuma mereka yang belajar. Banyak hal yang secara ajaib bisa dipelajari dari mereka.

3. Bye bye 15 kg

Mungkin karena faktor usia (nomor 1) dan motivasi untuk bisa menemani Gemini lebih lama (nomor 2), bisa mendapatkan motivasi luar biasa untuk diet. Tiga bulan penuh perjuangan menahan semua keinginan berkalori, lemak seberat koper kalau pergi liburan bisa dibuang dari perut dan bagian tubuh lainnya. Really proud of this. Akibatnya, hingga kini masih bisa gendong Gemini sekaligus berdua. Kisah lebih lengkap di sini.

4. Running Man

Awal tahun 2013, tidak pernah kepikir untuk mulai lari. Ternyata setelah badan lebih ringan (akibat no 3), lari ternyata menyenangkan. Mulai dari lari sebisanya, sampai bisa ikutan beberapa race 10KM dengan waktu yang tidak terlalu memalukan untuk usia dan kondisi begini.

5. Renovasi Rumah Beres

Merenovasi rumah itu big decision karena merupakan komitmen jangka panjang untuk menempati rumah tersebut, karena secara investasi, nilai renovasi tidak otomatis meningkatkan nilai rumah.

Renovasi yang dimulai di 2012 akhirnya selesai, dan Juni 2013 bertepatan dengan Gemini ultah, kami balik lagi ke Alam Sutera, setelah sebelumnya ngontrak di Gading Serpong (cerita lengkap di sini dan di sini).

Proses yang menarik, karena gara-gara renovasi ini sebenarnya bisa turun berat (no 3) karena dapat mentor di Gading Serpong, dan bisa lari ( no 4) karena enak banget lokasi rumah kontrakan untuk lari pagi.

Namun fast forward agak ironis juga. Tujuan renovasi adalah memberikan kesempatan Gemini punya kamar sendiri-sendiri, plus punya kamar utama yang gueedeee. Tapi end-up nya, kami berempat malah tidur di satu kamar anak dan membiarkan kamar lain kosong. Happiness is simple, bukan.

6. Surabaya oh Surabaya

Seperenam waktu 2013 dihabiskan di Surabaya. Tahun ini di kerjaan, dapat role baru untuk bantu pengembangan bisnis di luar Jakarta. Target pertama Surabaya. Seru banget, karena sejak keluar dari kerjaan lama, ini pertama kali harus jadi all-rounder lagi, dengan mikirin bukan cuma operasional dan teknologi, tapi juga target sales, profit & loss, dst.

Dan sepanjang karir inilah tanggung jawab finansial dan human resource terbesar. Baru buka excel, dan hitung2x bahwa di tahun 2013, tim telah menghabiskan duit capex 370 miliar, plus duit operasional 30 miliar. Jumlah orang di organisasi termasuk sales juga rekor baru, hampir 600 orang.

Tapi yang paling asyik ya pengalaman bareng tim yang spirit-nya luar biasa, untuk bisa mengalami growth di Surabaya.

7. Liburan ke Batu, Malang

Seperti disebutkan di no 1, banyak prioritas hidup berubah. Tahun 2013 sebenarnya dapat biz trip ke US (lengkap di sini). Walau pengalaman asyik, tapi jadi berasa ga enak banget pergi tanpa istri dan anak-anak. Makanya lebih berkesan saat pergi ke Batu, Malang (lengkap di sini).

Sudah sering dengar sebenarnya tempat ini, tapi karena sering ke Surabaya (no 6) ya jadi lebih convinced. Dan sama sekali tidak mengecewakan.

Ini pertama kali liburan lengkap keluarga ke luar kota, tanpa bantuan suster. Kedua kalinya naik pesawat buat Gemini. Dan saking serunya, pertama kalinya mereka bisa tertidur jam 3 sore bablas sampai pagi.

8. C O Y G

Come on you Gunners!  Tahun 2013 merupakan tahun bagus untuk Arsenal. Kalau saja liga Inggris dimulai 1 Januari 2013, maka Arsenal akan jadi juara di akhir tahun. Di awal tahun tidak ada yang yakin kalau Arsenal bisa masuk 4 besar. Butuh game terakhir untuk memastikan hal itu (the famous jokeit’s 1-1 at Newcastle‘).

Jelang musim baru, semua pun menyangsikan Wenger (ada review di sini). Pertandingan pertama kalah pula. Namun setelah itu, berhasil nomor 1 hingga akhir tahun. Dan lucunya, tiap minggu (hingga sekarang), semua komentator masih selalu menyangsikan kemampuan Arsenal untuk juara. Semoga Wenger di akhir musim bisa jadi the last man laughing.

O ya.. tahun 2013 juga spesial karena pertama kalinya bisa menyaksikan Arsenal langsung. Di Jakarta (Stadion Utama Senayan). Arsenal mengalahkan dream team Indonesia (hasilnya Arsenal 7-0 Indonesia, match report di sini)

9. Personal Note

Tahun 2013, terpaksa ganti mobil (sedan ga muat) dan ganti mobile phone (baca di sini), tahun dimana sama sekali tidak pernah nonton acara TV di rumah. Bola pun hanya lewat either streaming atau twitter.

10. People in the News

Era papacy Pope Francis dimulai, 50 tahun tewasnya Kennedy, 50 tahun era Beatles dimulai, RIP Nelson Mandela, bye bye Alex Ferguson.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *