[life] Alam Sutera vs Sumarecon Serpong

Kami bertempat tinggal di Alam Sutera (cluster lama), namun sejak setahun terakhir ini sementara tinggal di Gading Serpong (Sumarecon – Pondok Hijau Golf), sambil renovasi rumah Alam Sutera.

Melalui post ini, berusaha membandingkan kedua estate dari beberapa faktor yang biasanya dianggap penting untuk tinggal.

Namun overall, posting ini bukan ingin  mencari juaranya, karena tiap orang pasti berbeda bobotnya dan tujuannya (menempati, investasi). Here we go.

dua primadona Serpong

dua primadona Serpong

1. Akses ke Luar Estate

Alam Sutera memiliki pintu keluar tol (dari arah Jakarta) dan pintu masuk tol (ke arah Jakarta), sementara Sumarecon Serpong hanya memiliki pintu keluar tol (dari arah Jakarta).

Untuk non-tol, Alam Sutera memiliki lebih banyak akses ke Jl. Raya Serpong, namun Sumarecon Serpong memiliki jalan belakang yang lebar ke arah BSD dan juga tembus ke Karawaci.

VERDICT : Alam Sutera menang tipis. Akses ke tol-nya jauh lebih enak utk pulang dan pergi ke Jakarta (dimana mayoritas tempat bekerja ada di Jakarta). Mungkin akan berubah saat JORR BSD akan tembus ke Tol Tangerang.

 

2. Akses di Dalam Estate

Sumarecon dan Paramount punya jalan utama (bulevard). Menyenangkan namun hanya dua jalur, begitu ada sesuatu (blocking) pasti macet. Alam Sutera lebih sektoral dan lebar.

VERDICT : Alam Sutera menang cukup signifikan. Jalan-jalan yang sirkular amat membantu saat ada kemacetan.

 

3. Fixed Internet

Buat kami ini penting. Sumarecon Serpong membolehkan Firstmedia masuk, dan honestly, offeringnya superior. Di Alam Sutera, provider TV dan internetnya kurang oke, sehingga Speedy dan Indovision adalah pilihan logis.

VERDICT : Sumarecon Serpong menang.

 

4. Air dan Listrik plus Facility

Untuk listrik, keduanya sama-sama stabil. Untuk air, Alam Sutera lebih unggul sedikit karena di Sumarecon Serpong air ledeng-nya lebih banyak partikelnya (filter lebih cepat kotor). Namun tidak terlalu mengganggu karena untuk minum kita banyak menggunakan purifier atau air galonan.

Untuk sekolah, rumah sakit, dan fasilitas umum lain, rasanya sama saja.

VERDICT : Sama.

 

5. Transportasi Umum

Alam Sutera hanya memiliki transport internal yang terbatas, sementara di Sumarecon Serpong (atau Gading Serpong secara keseluruhan), terdapat shuttle ke Jakarta, transport internal.

VERDICT : Sumarecon Serpong menang cukup signifikan.

 

6. Shopping

Sumarecon Serpong punya SMS (Sumarecon Mal Serpong) yang merupakan superblok dengan Pasar Modern Sinpasa dan Salsa Food City.

Alam Sutera punya Mal Alam Sutera, Living World, Flavor Bliss, dan Pasar 8 (pasar modern).

Untuk pasar modern, Sinpasa lebih bagus barangnya (terutama daging), namun utk belanja modern, Alam Sutera lebih banyak pilihan.

Untuk belanja modern, Alam Sutera lebih memberikan pilihan. Ace Hardware yang lebih besar, Giant-Hero-FoodHall, apalagi nanti Ikea buka di sana.

VERDICT : Alam Sutera menang tipis.

 

7. Eating Out

Ini tentu sesuai selera masing-masing ya.. Kalau di mal mungkin tidak terlalu beda. Alam Sutera punya Flavor Bliss, tapi SMS terrace juga oke. Yang membedakan mungkin pilihan di luar mal/shopping center.

Sumarecon Serpong memiliki : Soto Mamat, Mie88, Hakata Ikkousa, Ce Wei, Sederhana Bintaro, Kweetiaw Akang, dan tentunya Bumbu Den (Menado).

Alam Sutera memiliki : Indah Jaya, Mie Aloi, Yuan Shabu2x, Bintang Gading.

VERDICT : Berdasarkan selera kami, Sumarecon Serpong lebih banyak pilihan menarik.

——————-

Begitulah review kedua estate ini. Saat ini kedua estate ini benar-benar meroket harganya, sekitar 10x dalam 6 tahun terakhir. Sumarecon Serpong masih bangun cluster2x baru, terutama di The Springs, sementara Alam Sutera lebih membangun daerah komersial dan cluster rumah besar (terlalu besar).

Buat kami, Alam Sutera tetap pilihan. It’s love at first sight. Penuh keajaiban utk mendapatkan rumah kami sekarang, so we’ll hold on to it for now 🙂

3 thoughts on “[life] Alam Sutera vs Sumarecon Serpong

  1. Review yg akurat banget. Semenjak aktivitas kantor kebanyakan di Alam Sutera dan SS, berasa tepat sekali ulasan di atas. Terutama soal INTERNET!!! Sedih banget gag ada jaringan firstmedia di Alam Sutera.

    Untuk menambahkan aja, sekarang akses jalan SS ud tembus ke BSD lgsg, jdi bisa lgsg ke tol Bintaro. Pretty Nice!!

  2. So, di Alam Sutera so far pakai internet apa yg oke and affordable ya? Biznet mahal banget… Bolt bisa ga ya? Thx much

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *