Recipe

[recipe] Tom Yam Goong

Description:

Tom Yam Gung

Tom Yam Gung

Tadiny sih engga seberapa suka nih sama Tom Yam, tp gara2 kunjungan terakhir ke Bangkok.. makan banyak sekali versi Tom Yam.. jadi suka deh. Favorite adalah versi tanpa santan.
Kalau mau bikin dengan santan, 1 L air panas & 2oo ml santan ; atau bisa juga santan diganti dengan susu evaporated

Resep ini diambil dari Knorr versi Tom Yam Prawn.

Ingredients:
1.2 L air panas (rebus air 1.8L dengan kepala & kulit udang, saring)
3 batang serai, memarkan
8 lembar daun jeruk purut, robek2
2 buah bawang merah, belah empat
2 cm jahe, belah dua, memarkan
5 sdm kecap ikan
1 sdt merica bubuk
1 sdt Knorr chicken powder
3 sdt garam
5 sdt gula pasir
2 sdm air asam
5 buah cabe rawit merah, iris melintang.

Bahan Isian:
500 gr udang tiger, kupas tinggalkan ekornya.
200 gr aneka pilihan jamur (jamur merang, enoki, oyster, shitakee)
5 buah bakso ikan, belah menjadi 4
1 buah tahu china

2 batang daun ketumbar, iris kasar
5 buah jeruk nipis, peras

2 cubes Knorr Tom Yam
(atau sebagai penggantinya: haluskan: 8 butir bawang merah, 8 siung bawang putih, 12 buah cabe merah ambil bijinya & 2 sdt terasi bakar. Panaskan 2 sdm minyak dan tumis bumbu halus ini sampai harum. Tambahkan 1 sdt kaldu ayam bubuk)

Directions:
1. Tambahkan pada air panas – Knorr Tom Yam (atau bumbu halus), serai, daun jeruk, bawang merah yg sudah dibelah menjadi 4 bagian, dan jahe.
2. Setelah harum, masukkan sisa bumbu2 lainnya (kecap ikan, merica, chicken powder, garam, gula, dan air asam) sampai rasanya pas. Beri irisan cabe merah.
3. Masukkan bahan isian. Kecilkan api, masak sekitar 5 menit. Angkat. Taburi dengan irisan daun ketumbar & siram dengan perasan air jeruk nipis.

5 Comments

  • September 22, 2008 - 3:18 am | Permalink

    suka banget sup satu ini…… *glek*…. tfs.

  • September 22, 2008 - 3:52 am | Permalink

    wah gw malah suka banget tom yam.. walopun ga tau jenis variasinya.. yang di paregu udah pernah coba? segerrrr.. jittlada di senci juga enak hmm.. batal ga ya? 🙂

  • September 22, 2008 - 4:03 am | Permalink

    Ga pake tomat?

  • September 22, 2008 - 6:57 am | Permalink

    wahhh.. aku demen bgt ama tom yam… contek ya buat dicoba.. 🙂

  • September 22, 2008 - 2:03 pm | Permalink

    emang mestinya pake tomat? Engga tahu malah.. Ini resepnya dapat dari bungkusnya Knorr soalnya 😀

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Powered by: Wordpress