Bon Appetit Travel

[travelfood] Makan-Makan Makasar

Menyenangkan sekali sebetulnya makan di Makassar ini. Menu favorite all the time adalah ikan dan ikan. Segar, manis dan murah.

Kota Makasar

Kota Makasar

Selain itu porsi makanan di Makassar ini luar biasa besar dan harganya dibanding dengan di Jakarta .. very reasonable, apalagi dg porsinya yg mestinya bisa banget buat berdua.

Coto Makassar

Soto atau coto namanya di Makassar ini khasnya adalah menggunakan jeroannya sapi, mulai dari babat, hati, sampe jantung dan dimakan dengan ketupat atau burasa (aka lontong yang pake santan).

Coto

Coto

Walau tidak menggunakan santan, tapi berasa kental karena kacang tanah gorengnya. Seperti kebanyakan makanan Makassar lainnya, sebelum makan jangan lupa perasan jeruk nipis dan biar pedas tambahi sambal khas cotonya.

Banyak sekali yang jual coto di Makassar ini, nah tempat yang kami pilih adalah di Jl. Ranggong; termasuk salah satu yang tua di kota Makassar. Masaknya masih menggunakan kayu bakar dengan kuali yang sudah menghitam… 1 porsi = Rp 8.5K

Lokasi:
Jl. Ranggong no. 13

Rumah Makan Dinar

 

Orang Makassar biasanya pesan satu ekor ikan untuk setiap orang. Mungkin karena tahu sehat, apalagi ditambah ikannya segar dan murah. Begitu katanya.. dan bener aza. Walau engga sampe satu orang satu ikan, tapi dengan porsi yang dipesan cukup banyak, semua makanan habis tandas das… ikannya manis sekali, walau hanya dibakar atau digoreng. Semua ikan dibakar tanpa bumbu.

Buat menu utamanya kami pilih ikan sunu (kerapu) goreng rica (Favorite!), udang goreng saus mentega, kerang ditambah sayurannya juga… wuah lengkap deh .. dan semua itu kira-kira Rp 350K

Sambil nunggu masakan matang, di meja sudah tersaji otak-otak bakar yang kerasa banget ikannya… dicocol pake sambal kacang juga.

Di RM ini juga tersedia ruang2 VIP untuk 10-20 orang. Jadi, kalo mau buat meeting / private lunch/dinner enak banget.

Lokasi:
Jl. Lamadukelleng no. 68, ph. 0411-871488/851461
Buka jam: 11.00-15.00 & 17.00-22.30

Sop Konro Karebossi

 

Dulu, waktu masih kerja di tempat yang lama; kalau mau makan enak, berat, dan jauh; pilihannya pasti kelapa gading dan seringkali end up-nya di Sop Konro Karebosi. Nah pas ke Makassar; rugi rasanya kalo engga ke Karebosi aslinya (lagi). Kalau di Jakarta mereka punya banyak cabang, malah di Makassar sendiri hanya ada di 1 tempat yakni lapangan Karebosi.

Seperti biasa yang dikejer bukan Sop Konro-nya, tapi konro bakarnya (ribs). Buat orang asli Makassar sendiri sebetulnya engga tenar.

Konon tenarnya karena di Jakarta, di resto Sop Konro orang lebih prefer untuk pesen Konro bakar ini. Idenya dari tempat makan di Jl. Casablanca Jakarta – Daeng Tata. Dia melihat kok orang Jakarta ini suka makan steak dan juga rusuknya dimakan bisa dengan cara steak ini (ribs). Makanya dia bikin tuh yang namanya Tata Ribs. Makannya tetep pake bumbu kacang yang manis dan semangkok sop konro. Wah… enak banget, dan murah lho!

Tetapi karena ini sebetulnya engga lazim dimakan oleh orang Makassar, jadilah di resto yang lumayan besar dan penuh ini, kami satu2nya meja yang makan konro bakar. 1 porsi konro bakar terdiri dari 3 tulang rusuk yg bentuknya ½; tapi dagingnya kalo lihat di dapurnya sudah dipotong sedikit2. Mungkin buat dijadikan sop-nya. Curang ya…; tapi masih cukup banyak kok kalo dibandingkan dengan harganya. Konro bakar ini 1 porsi = Rp 17K, sementara sop konro atau sop konro kikil = Rp 15K.

Lokasi:
Jl. Lampobattang 39/41, ph. 0411-312157
Cabang:(banyak lho di Jakarta.. pdhl di Makassar cuma 1 kalo menurut papannya sih)

Jl. Boulevard Raya blok TA 2/34, Kelapa Gading, ph. 021-4520990
Jl. Casablanca no. 20, ph. 021-8296915
Jl. Lapangan Ros Raya no. 17A, Jakarta Selatan

Mie Titi

Mie Titi ini adalah mie kering disiram dengan kuah kental dan irisan ayam, udang, jamur, hati dan cumi. Mirip ifumie, hanya mienya sangat tipis. Tadinya kirain nama mie titi ini adalah nama jenis makanan, ternyata kata titi adalah nama panggilan pemiliknya.

Mie Titi ukuran besar RP. 11K. Boleh dicoba juga kalau mau pesen gorengannya (Rp 4K). Disiram kuah juga mirip mie titi.
Makanya di daerah pantai losari, bakal ketemu juga mie koko..(kakaknya si titi, mungkin.. – Titi in chinese artinya adek laki2)

Lokasi
[kalau pusatnya di Jl. Irian]
Jl. Datumuseng no. 23

Rumah Makan Florida

Waktu diajakin makan chinese food .. sebetulnya agak malas. Yach, walaupun mungkin aza enak.. kok kayaknya bukan makanan asli makassar deh. Tapi setelah dikasi tau kalo masaknya pakai kayu.. jadi semangat deh buat cari.

Lokasinya sebetulnya gampang banget.. tapi karena rumahnya kecil, dan papan namanya juga mungil; jadi sempet kelewatan deh pas mau makan malam. Jadilah malam itu kami makannya di Sop Konro Karebosi (dan engga nyesel juga deh..). Abis makan sop, dilanjutkan dengan Mie Titi, trus aku ajakin aja buat dessert es palu butung dan es pisang hijau (sayang engga ada yang ini nih..) di RM. Hawai. Sudah makan kenyang, driver kami terus bilang… tuh dia RM. Florida

 

 

Malam itu, setelah tantangan buat makan lagi ditolak sama temen2 yang lain; jadilah siangnya kami rame2 nyobain makan disitu.
Bener, yang masak engko2 dengan menggunakan kayu gelondongan dan wajan yang luar biasa besar. Tempatnya sih engga bisa dibilang bersih bener.. khas chinese resto jaman dulu. Yang penting rasa, bukan tempat (yang begini nih.. yang lama2 bakal tergusur dengan kemodernan…. seperti ada temenku bilang, prosesi makan itu dengan 5 indra yang dipake semua.. termasuk mata. Jadi selain penyajiannya cantik, tempatnya juga minimal sedap dipandang)

Porsinya seperti porsi makanan makassar lainnya.. BESAR banget. Kami pesan nasi goreng, ifumie, kodok goreng tepung, ayam, dan babi asam manis. (Pas mau mesen jenis yang lain, malah dibilangin sama si om – kalo entar kebanyakan, soalnya kami cuman ber-6) Rasanya, luar biasa deh.. Untuk ke-enam jenis makanan ini dan 6 gelas es jeruk (yg besar juga) plus menu pembuka siomay (6 buah) – total RP 195K.
Murah kan?

Tentang siomay, mungkin karena engga biasa makan siomay yang rasa daging & udangnya berasa banget.. jadi malah berasa aneh… tetapi enak!

Jadi, kalau lagi di Makassar… ke Florida is a must!

Lokasi:
Jl. Ranggong Dg Romo no. 67, ph. 0411.326841
Buka jam 10.30-23.00

Pisang Epe

Pisang Epe adalah pisang setengah matang yang dibakar di atas arang lalu diberi coklat/keju/duren.. (atau bisa juga campuran dari ketiganya) Bedanya dengan pisang bakar biasa, pisang ini setelah dipenyet, dibakar, lalu disiram gula aren cair.

 

Di Tanjung Bunga, pinggir Pantai Losari ini ada areal khusus jajanan kaki lima. Jadi tinggal pilih. Pengalaman dari temen, kami pilih Cafe Riski. Rasa: standard deh. Rasa pisang yang dikasi saus. Malahan saus durennya kurang menggigit.

Pisang Epe Durian: Rp 3K, Pisang Epe Coklat/Keju: Rp 4K

Es Palu Butung

 

Minuman segar ini terdiri dari bubur sumsum yang disajikan dengan potongan pisang raja, susu kental manis, sirup merah khas Makassar dan tentunya es batu-nya ya.
Harga Rp. 6K

Lokasi:
Kios Hawaii
Jl. Ranggong no. 75

..epilogue
Sebetulnya masih ada lagi makanan yang belum dicoba: es pisang hijau (pernah sih makan, tapi bukan di makassar. Mirip es Palu butung, bedanya pisangnya yang dibalut dengan bubur sumsum berwarna hijau) dan Jalangkote (pastel berisi tauge dg saus khas Makassar)
Engga ada waktunya… butuh lebih lama lagi tinggal disana buat nyobain semua makanan..

7 Comments

  • May 24, 2006 - 3:42 am | Permalink

    hmm… bener2 tempat tujuan wisata kuliner =)

  • January 31, 2008 - 4:01 pm | Permalink

    Tambahan:
    Kalau mau makan mie Kanton, datang saja ke Kios Lombok, jl. Lombok no. 38, Makassar. Ph. 329333, 324090, 5617000.
    Peringatan: Enak memang, tapi porsinya huuuuge! Harga 1 porsi reguler Rp 20K, porsi kecil Rp 18K. Bedanya hanya dari jumlah mie. Jadi kalau mau benar2 sedikit.. saran, beli saja yang porsi reguler, bagi 2 sendiri saja.
    Di Kios Lombok ini, juga dijual Nasi Goreng Ujung Pandang yg warnanya merah. Semua makanan ini disediakan jeruk nipis untuk dikucuri.

  • April 15, 2008 - 3:37 am | Permalink

    masih ada yang kurang tuh.. AYAM GORENG SULAWESI.. nyamiiiiii…

  • September 10, 2008 - 8:16 am | Permalink

    gile benerrrr……laperrrrr laperrrrr…..

  • January 15, 2009 - 7:18 am | Permalink

    mantap mba… kebetulan Nina mau ke Makassar dalam waktu dekat ini. Ini benar2 info yang berguna. Thanks 🙂

  • April 21, 2009 - 7:27 am | Permalink

    Mohon maaf, sekaligus ijin . Ulasannya kami muat di Direktori Bisnis Makassar . Perlu dikasih link back mbak Monike ?

  • April 21, 2009 - 4:44 pm | Permalink

    boleh dong dikasi link-nya..

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Powered by: Wordpress