It's Life

[life] Menurunkan Berat itu Matematis dan Sistematis

Setelah menurunkan berat sebanyak 11 kg dalam 42 hari (yay.. dan masih mau lebih lagi), saya memberanikan diri menulis ini.

1-Health

you can do it!

Kenapa memberanikan diri nulis? Karena menurunkan berat adalah harapan banyak orang, terutama yang sudah tidak meninggi lagi, sehingga mau ngga volume bertambah ke samping.

Harapannya agar yg baca tahu persis bahwa menurunkan berat itu sebenarnya amatlah MATEMATIS dan SISTEMATIS, tidak ada metoda terbaik ini itu, semua akan bermuara ke hal yang sama.

Ada 4 langkah yang menurut saya harus dijalani. Urutannya kalau bisa ikutin ini, kebanyakan orang (termasuk saya) kebalik-balik, jadi banyak putus tengah jalan.

Warning sebelum baca : Semua yang ditulis di sini bukan saran ilmiah ya, dan banyak angka perkiraan (kutipan). Saya tidak mau tanggung jawab atas apa pun yg dilakukan sehabis baca ini. Untuk dapat angka pasti, tergantung dari kondisi tubuh masing-masing.

1.  PAHAMI DULU HITUNGAN MATEMATIS

Kenapa berat bisa naik dan turun (apalagi selepas masa tumbuh) itu amat matematis dan nama pelajarannya ‘kalkulus kalori’.

Ada yg namanya BMR (Basal Metabolic Rate – google aja utk detail). Itu adalah seberapa tubuh bisa bakar kalori dalam sehari walau kita tiduran. Anggap aja 1500kalori. Cek aja di internet utk tinggi – berat – umur anda.

Kalau kita jarang olahraga dan badan sudah konstan, artinya pola makan sekarang juga sebesar BMR-nya. Kalau masih naik, ya sebenarnya BMR anda lebih kecil dari yang dimakan.

Nah untuk mengurani 1 kilogram lemak badan itu harus bakar 7700 kalori tanpa diisi lagi. Simple aja logikanya, lihat aja ke supermarket berapa kalori 1 kilogram mentega hewani (butter). Kira-kira 7700 kalori.

Nah, mau kurang berapa kilo ya kayak bisnis aja, mau profit berapa. Tinggal hitung mau dapat pendapatan berapa, dan mau pengeluaran berapa.

Dalam hal ini : (a) mau ngurangi makan berapa dan (b) mau buang kalori tambahan (olahraga) berapa.

2. BULATKAN TEKAD

Sama dengan bikin bisnis. Tidak akan sukses dan senang kalau orientasinya profit.

Demikian juga program penurunan berat. Kalau hanya fokus ke berat badan, pasti nantinya tersiksa dan quit.

Bisnis yang bisa membuat customer rela bayar pasti profit. Tubuh yang sehat pasti beratnya akan ideal. Itu tujuannya.

Pahami dulu motivasi kita apa. Bisa dari dalam dan dari luar. Buat saya pribadi, kombinasi antara luar dan dalam. Tapi yg paling utama : pengen bisa fit utk bisa mengimbangi anak lari2x dan pengen bareng mereka lebih lama di hidup ini).

Kenapa ini penting? Jawabannya simple aja ya. Karena untuk mengurangi 1 kilogram lemak alias 7700 kalori itu BERAT! Lihat point berikut kalau tidak percaya.

– Itu sama dengan makan separuh porsi kita selama berapa minggu (tergantung BMR) tanpa mengurangi asupan mineral dan vitamin

– Itu sama dengan renang 18 jam, sepedaan 27 jam, naik tangga 7 jam (utk berat 60-70 kg)

Untuk melakukan apa pun di atas itu perlu tekad bukan?

3.  SUSUN STRATEGI

Cuma satu parameternya : minimalkan penderitaan. Pasti ngga enak, pasti penuh pengorbanan. Ya buatlah penderitaan itu senyaman mungkin. Jangan lapar dan jangan menantang godaan.

Golden rule : balik lagi ke kalkulus kalori bagian ASUPAN. Kalau bingung, ini petunjuk gampangnya :

–  Yg jelas kalori besar padahal ukuran kecil – nasi, gorengan (termasuk bangsa donat dan krupuk ya), dan kacang kacangan.

– Yg jelas kalori kecil padahal mengenyangkan – sayuran dan.. sayuran dan .. sayuran yang dicah (bukan disantan atau oily)

– Yg kelihatannya kalori kecil padahal sama saja kalau banyak – buah, kecuali kalau timun dan bengkuang dianggap buah.

– Yg juga menyesatkan : Kuah itu rendah kalori. No. Kegurihan itu pasti berkalori tinggi. Kuah, santan dan MSG. Minyak yg dibutuhkan utk menggurihkan semangkok air kuah itu banyak lho.

Jadi kalau mau strategi andalan, amat gampang : makanlah HANYA sayur CAH dan protein secukupnya tiap kali makan. Simple tapi susah lho mencari yang begini ini. Yang paling bagus : salad yg ditaburi keju/daging asap dan sausnya vinegar-based.

Nah itulah strategi utama. Tinggal gimana detailnya aja.

Kan bisa olahraga? Be realistic deh, seberapa banyak sih waktu bisa diluangkan untuk olahraga?

Bayangkan aja : sepedaan 1 jam SETIAP HARI aja baru 1 kilo sebulan. Kalau hanya 2 jam seminggu ya 15 minggu lah baru turun 1 kg. Itu pun langsung habis kalau kita juga tambah makan 30 potong gorengan. Mau nunggu berapa tahun untuk bisa turun ke berat ideal??

Satu lagi yang harus dilihat di strategi ini (supaya jangan sakit) : jangan kekurangan protein, vitamin dan mineral. Itu penting utk mengganti sel anda yang rusak.

Vitamin tidak akan kurang kalau konsumsi sayur. Yang mineral-nya amat kaya dan kalori rendah adalah : rumput laut. Beli aja nori dan kunyah tiap hari.

Kalau mau lebih gampang lagi, selama program, belilah tablet suplemen.

4. CARI PIHAK LUAR UTK MEMAKSA ANDA

Be realistic (lagi), manusia itu malas. Daging itu lemah. Mau pompa motivasi seberapa besar pun, akan melempem saat melihat kue dan makanan kesukaan.

Tips klo nekat mau sendiri :

– Timbang dengan digital dan catat tiap hari kalau perlu.

– Cari mentor yang bisa memaksa Anda, entah dalam suami-istri, teman, pacar, dst

– Kalau ga ada juga, deklarasikan pada dunia lewat Twitter dan Facebook, dan update terus.

—————-

Utk kasus saya, beruntung karena ikut program yang kebetulan memperhatikan 4 hal di atas.  Namun karena bukan jualan, ngga diekspos di sini (akan saya share terpisah nanti kalau sudah tercapai tujuan akhir turunnya).

Tapi ingat, inti program tersebut sama aja koq dg semua program lainnya. Cuma dua persamaan utama (yg ga bisa di-cheat) :

1. [KALORI KELUAR] – [KALORI MASUK] = [PENGURANGAN BERAT]

2. [TEKAD/MOTIVASI] >= [PENDERITAAN/PENGORBANAN]

Good luck.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress