Travel

[travelfood] Batam: Makan-Makan & Oleh-Oleh

Untuk makanan, Batam terkenal dengan seafoodnya. Alternatif restorannya adalah Golden Prawn 933 [atau no. 555] (Jl. Bangkong Laut, ph. 0778.411138) – makanannya sebetulnya standard saja; tapi lokasinya tepi pantainya yang membuat menarik. Hidangan unggulannya adalah steam fish, dengan pilihan ikan yang sangat banyak + segar & kepiting lada hitam. Menu pembukanya pilihannya adalah siput GongGong, yakni siput dengan cangkang besar dan keras, tetapi dagingnya sangat sedikit.

the original YongKee

the original YongKee

Speaking ttg ikan, resto yg favorite buat saya adalah Sop Ikan Yong Kee, di daerah Nagoya City Center – segar banget; bening & segar dengan selada + tomat hijau. Karena menyandang kata Sop Ikan, makanya sering dilupakan kalau di tempat ini juga menyediakan bubur ikan yang juga enak dengan irisan ikan mentah yang dididihkan dalam kuah ikan, lalu diberi selada & bawang goreng Di tempat ini juga menyediakan otak2, tapi warnanya merah dan dibungkus daun daun kelapa, bukan daun pisang. Saus kacang dan sambalnya kayaknya sudah masuk ke dalam otak2nya deh. Kalau saya lebih suka yang warna putih dengan saus kacang dan sambal terpisah.

Ayam Penyet Ria, makanan khas Jawa Timur yang ada di banyak kota (Jakarta, Medan, Surabaya termasuk di Singapore), tetapi konon awalnya malah dari Batam. Paling enak dan juga merupakan pusatnya adalah yang di daerah Penuin (Komp Penuin Center, blok B no. 4, ph. 0778.423213). jangan salah, di Penuin ini ada 2 lokasi untuk Ayam Penyet Ria, yang lebih lama adalah yang pusatnya. Menu andalannya adalah ayam penyet (Rp 9K) dan tahu/tempe penyet (Rp 5K).

makan di Resto Kediri

makan di Resto Kediri

Untuk menjamu tamu di ruang VIP, Resto Kediri di daerah Batam Center (Jl. Engku Putri, ph. 0778.465777) bisa jadi pilihan, dengan ragam pilihan seafood dan chinese food yg banyak. Makanan unggulan tempat ini adalah sup bibir ikan, ikan bakar millenium (disajikan dengan aluminium foil), kepiting soka goreng crispy & udang bakar saus madu. Resto ini sudah punya cabang di Singapore juga, di Lucky Plaza #02-63/64 dengan nama Resto Surabaya.

makanan foodcourt

makanan foodcourt

Kalau engga mau pusing makan apa di Batam, ke food court saja; misalnya Nagoya Food Court (di daerah Nagoya), Juju (Jl. Imam Bonjol, Komp. Bumi Indah blok IV no. 42-43 dekat hotel Juju, ph. 0778.428044 – rekomendasi: Yong Tau Fu, Nasi Campur, Soto Tanjung Pinang, Bakut Teh & Gado-Gado Gembira), dan Pujasera OKI (rekomendasi: Sate Akau Tjg Pinang & Nasi Campur). Selain Juju, semua food court ini hanya buka malam hari.

Rekomendasi dari teman yang tinggal di Batam (belum dicoba):

Pangsit Mie khas Batam, dengan daging cincang, babi merah & baso ikan.
Lokasi di Pasar Penuin, sebelah los daging babi. Harus pagi hari.

Hai Ou Sea Food Resto – harga lebih reasonable tapi tanpa view. Lokasi:
Perumahan Marina, belakang Top 100 Penuin.

– Dengan harga mirip2 Golden Prawn, yang juga direkomendasikan adalah Rejeki Seafood di Pantai
Batu Besar.

OLEH-OLEH DARI BATAM

Yang paling umum dibawa dari Batam untuk oleh2 adalah cemilan (kue, coklat, permen, kacang dll) dari Singapore / Malaysia. Toko Kawi Jaya di Nagoya City Center atau TOP 100 di Penuin bisa jadi pilihan untuk hunting cemilan ini.

Selain itu banyak tas, koper, dompet & parfum dll dari brand terkenal (Elle, Kipling, Esprit, Bonia, Dior dll) dijual di daerah Nagoya City Center. Hunting saja dari satu toko ke toko lain, untuk tawar & pilih model. Biasanya harga bisa 50% lebih murah dari yang ditawarkan. Khusus untuk tas, koper & dompet; menurut penjualnya adalah made in Korea sehingga  harga bisa murah dengan kualitas yang bagus.

 

3 Comments

  • May 20, 2007 - 12:18 pm | Permalink

    wah klu yg namanya sifut i tak bole tahan deh mba.. nyammi! seaside view pasti bikin acara makannya lbh nyaman 😉

  • May 31, 2007 - 4:59 am | Permalink

    Monike dah jalan ke batam ya….ampe lengkap gitu tempat makannya…ada lagi tempat makan seafood yg ok…di pulau rempang menuju ke galang itu…lebih seru karena diatas laut…
    saayng ngak sempet coba Hai Ou ya…ehm….tom yam nya…slruup..slruuup…oks banget

  • September 11, 2007 - 11:03 pm | Permalink

    Aku kanagen dengan gado2 gembira… bumbunya kacangnya enak bgt…

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Powered by: Wordpress