Recipe

[recipe] Juice Wortel

Description:

Scientific Name: DAUCUS CAROTA
Francais: JUS DE CAROTTE

Juice Wortel

Juice Wortel

 

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung provitamin A (beta carotene). selain itu terdapat vitamin B, C, D, E & K pada sayur ini. Belum lagi kandungan mineral seperti: calcium, copper, magnesium, potassium, sodium, phosphorus, chlorine, sulfur, dan iron. Tetapi memakan 1 buah wortel ukuran ½ kg merupakan perjuangan dan tentunya lebih mudah ½ kg ini langsung diminum dengan cara di juice. Walaupun di juice, manfaat yang didapat sama seperti kalau kita makan, makanya juice wortel disebut miracle juice.

Meminum juice wortel bermanfaat pula untuk membersihkan liver serta membuat rambut, kulit & kuku menjadi lebih sehat. Meminum secara teratur juga berguna untuk membantu mengurangi berat badan, tapi tentu saja tidak dalam porsi yang berlebihan. Segelas sehari in the morning rasanya cukup.

Untuk dibuat juice, wortel yang dipilih harus yang besar, segar dan berwarna orange tua (deep yellow or red). Semakin orange, semakin banyak beta carotene yang dikandung didalamnya. Simpan wortel dalam fridge supaya tetap moist.

Yang menarik dari semua ini adalah wortel impor sekarang ada sepanjang tahun di supermarket dan sangat murah!

Juice wortel ini bisa dicampur dengan berbagai jenis buah/sayuran lain. Resepnya bisa dilihat disini.

 Help-Me-Please Section
1. Ampas wortel sisa yg dijuice enaknya diapain ya? Buat nyuburin tanah seperti ampasnya susu kedelai bisa engga ya? Atau buat masker muka?
2. Ada yg bilang, sebelum dijuice lebih baik direbus sebentar sampai air bergolak saja. Ada juga yg bilang, lebih baik raw.. mana yg bener ya?

EAT MORE FRUITS AND VEGETABLES

Ingredients:
½ kg wortel impor
½ butir apel

Directions:
1. Cuci wortel dengan air bersih, sikat di air yang mengalir. Jangan mengupasnya, karena banyak vitamin & mineral ada pada permukaannya. Buang bagian yang hitam saja, potong bagian ujung atas & bawahnya.
2. Rendam wortel dalam air hangat selama 3-5 menit atau rebus sebentar sebelum di-juice
3. Juice harus segera diminum segera setelah dibuat. Kalau tidak mungkin, simpan dalam tempat tertutup supaya tidak teroksidasi dan vitamin+mineralnya tidak hilang.

16 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress