Recipe

[recipe] Yong Tau Foo

Description:

Yong Tau Foo

Yong Tau Foo

Yong Tau Foo mirip dengan batagor, hanya saja berkuah dan tidak digoreng. Isinya lebih variatif, mulai dari seafood, meat, vegetable (kombinasinya, dengan fish pasta yang diisikan ke dalam chili ataupun tahu) dan mie ataupun bihun.

Ingredients:
Adonan isi
200 gram fillet ikan (yang dagingnya warna putih: seperti kakap / tengiri)
100 gram Udang peci kupas
1 butir telur ayam
100 gr tepung sagu
Β½ sdt Merica putih
ΒΌ sdt Garam
ΒΌ sdt Gula

Yong Tau Foo
1 buah Cabe merah ukuran besar, belah tengah (jangan putus) dan buang bijinya
2 potong Tahu putih cina, potong kotak/ menjadi 4 potong
5 buah Jamur shiitake
1 butir Telur, ambil putih telurnya, kocok lepas

50 gram fillet ikan + sedikit tepung sagu
8 buah Bakso: ikan / udang / cumi / sapi / ayam
Sayuran: brokoli, kembang kol

Kuah Kaldu
Lihat sini

Pelengkap
10 gram Daun kucai, iris halus
100 gram Bawang putih, iris tipis dan goreng kering

Untuk merendam
Air masak
Es batu

Directions:
Adonan isi
1. Potong kecil-kecil udang dan ikan kakap, kemudian blender halus
2. Masukkan telur ayam dan tepung sagu dan merica + garam + gula
3. Masukkan adonan isi pada kantong plastik yg telah digunting ujungnya

Yong Tau Foo
1. Didihkan air kemudian rebus cabe 15 menit, kemudian celupkan didalam air es, keringkan dan sisihkan
2. Potong tahu menjadi 4 bagian, kemudian ambil sedikit bagian tengahnya, sisihkan
3. Bersihkan jamur shiitake, potong batangnya, dan oleskan putih telur pada bagian membrannya,
4. Masukan adonan isi pada cabe, bagian atas tahu dan bagian membrane dari jamur shiitake.
5. Kukus Yong Tau Foo selama lebih kurang 10 menit

Kuah Kaldu
Lihat sini

Cara penyajian
1. Sisa ikan kakap (20 g) dipotong dadu, taburkan garam dan lada kemudian di memarkan hingga tipis
2. Seduh potongan ikan dengan kaldu panas,
3. Siapkan Yong Tau Foo didalam mangkuk, kemudian siramkan kaldu
4. Taburkan dengan irisan kucai dan bawang putih goreng

6 Comments

  • October 7, 2007 - 8:23 pm | Permalink

    bagi dong πŸ˜€

  • October 8, 2007 - 5:15 am | Permalink

    udah nyoba masak blon

  • October 8, 2007 - 6:06 am | Permalink

    udah.. dan sampe2 gara2 mau nyoba bikin YTF ini.. beli alat buat ngegepengin ikan πŸ™‚

  • October 9, 2007 - 5:58 am | Permalink

    HA…HA….

  • October 9, 2007 - 7:15 pm | Permalink

    seperti apa ya tampang alat penggepeng ikan itu??
    penasaran nih πŸ˜€

  • October 10, 2007 - 1:30 am | Permalink

    kayak martil mbak.. aku belinya di carrefour gitu deh.. πŸ™‚

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Powered by: Wordpress