[menu] Kefir ala Gedono

Kefir dari Gedono

Kefir dari Gedono

21 Dec 2007 – kembali ke Pertapaan Bunda Pemersatu Gedono, tetap disambut dengan hujan; namun kali ini berkesempatan mencicipi Kefir buatan Gedono. Waktu seorang suster ditanya, apa beda Kefir dan Yoghurt.. dia bilang seperti ini, ‘Kefir dan Yoghurt ini seperti beras dan gandum..; bahan starternya berbeda.’ Kemudian beliau mengeluarkan selembar kertas penjelasan mengenai Kefir sbb:

Kefir = susu fermentasi
Kefir adalah produk fermentasi susu yang telah lama dikenal di Rusia, Kaukasus dan Siberia, dan merupakan sejenis minuman sehat yang dibuat dari susu sapi yang difermentasikan oleh starter kefir. Kefir dibuat dengan bantuan suatu starter yang disebut biji kefir (kefir grain).

Starter kefir mengandung lebih banyak zat yang membantu aktifitas mikroorganisme dalam saluran pencernaan makanan, sehingga kefir berkhasiat lebih tinggi untuk kesehatan tubuh. Kefir disukai konsumen karena mempunyai cita rasa dan tekstur yang lebih baik, dapat digunakan sebagai alasan untuk kesehatan dan sebagai makanan bagi yang ingin melangsingkan tubuh.

Kefir dapat dikonsumsi pada waktu senggang sebagai dessert (makanan penutup) ataupun sebagai makanan bagi yang sedang diet tertentu.

Kefir Gedono diolah oleh para Rubiah Gedono. Dibuat dari susu sapi murni kadar lemak rendah yang diberi starter kefir. Untuk menambah cita rasanya ditambahkan buah yanng diolah dengan gula murni. Tanpa bahan pengawet.

Khasiat Kefir:

  • Sumber kalsium (Ca), protein, dan vitamin B untuk anak-anak dalam pertumbuhan, orang dewasa, orang lansia yang tidak minum susu dalam bentuk cair.
  • Kefir mempunyai efek preventif dalam berbagai kasus penyakit seperti: anemia, gastritis, diare pada bayi, penyakit pencernaan pada anak dan problem pencernaan pada orang lansia.
  • Kefir mempunyai efek memperbaiki eco-sistem tubuh yang menguntungkan pada alat-alat sirkulasi dan sistem syaraf.
  • Dengan mengkonsumsi kefir, sel-sel yang tua dapat segera diganti oleh sel-sel baru sehingga akan tampak awet muda.
  • Kefir dapat dikonsumsi dalam kasus obesitas atau penyakit jantung, ginjal, liver, keletihan dan penyakit kulit.

Harga kefir yang dijual mulai Rp 9K-12.5K untuk ukuran 600 ml. Rasa yang sudah dicoba adalah strawbery, lychee (I’d prefer this) & melon. Kalau akan dibawa pulang, sr-nya akan memberikan kantung es batu supaya kefir tetap dingin.

 

13 thoughts on “[menu] Kefir ala Gedono

  1. Tidak, Yakult hany mengandung satu strain bakteri (Lactobacillus Acidopilus ssp Casei), sementara Kefir mengandung sekitar 40 microflora, di antaranya berbagai subspecies Lactobacillus juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *