Bon Appetit Top of Everything

[resto] Tempat Makan Pagi Favorit di Pasar Delapan Alam Sutera

Review ini berdasarkan visit utk makan pagi (makan malam, resto yang buka berbeda total), yang dilakukan hampir tiap Sabtu dan Minggu ke Pasar Delapan.

Namanya makanan tentu relatif ya enak tidak enak, tapi dua parameter sederhana yang saya berikan adalah : [a] bertahan dan laris hingga sekarang, [b] ngangenin alias bikin sering ke sana…

Sedikit petunjuk : Sisi Selatan adalah yang menghadap ke Flavor Bliss.

Sesuai tempat, kami pilihkan delapan kategori ya… here we go.

1. Mie Terbaik = Mie Asoei

Pasar Delapan punya banyak sekali mie (lebih dari 10 saat tulisan ini dibuat). Nyaris semua sudah dicoba, beberapa tentu lebih dari 1x. Juaranya, undisputed (versi kami tentunya), adalah Mie Asoei (sisi Timur luar). Terutama yang ayam (tersedia juga babi). Tekstur dan minyaknya pas dan selalu konsisten.

Mie Asoei yang super ramai setiap hari

Mie lain yang bolehlah disebut runner up adalah Mie Congsim Athek (sisi Selatan luar), dengan menu mie congsim (tipis). Daging lengkap, bisa pakai lapchiong.

 

2. Gorengan Terbaik = Kopi deLapan

Tempat default kami setiap minggu. Gorengan nya enak mungkin karena selalu baru digoreng, karena memang cepat habisnya. Terutama onde-onde, terkadang harus antri karena cepat sekali habis. Letak ada di sudut Timur-Selatan.

Gorengan lain yang laris adalah tempe dan tahu (standard sih). Di sini juga bisa pesan minum teh kopi. Teh pahit-nya mantap. Kopi sih standard (enak).

onde-onde yang selalu laris…

Untuk runner up, Baso Goreng Gajah (Bagoja) yang terletak di sudut Barat-Selatan. Dulu amat ramai, kini mulai banyak saingan, namun tetap paling laris.

3. Veggie Terbaik = Pecel Purwodadi

Kalau mau makan (berasa) sehat, juaranya Pecel Purwodadi. Termasuk tenant baru (sudut Timur-Selatan, dekat Kopi deLapan) di Pasar Delapan, dan sukses. Daun-daunnya lengkap, bumbunya juga oke.

Daun-daunan yang lengkap

4. Heavy Breakfast terbaik = Ketupat Padang Uni Elok

Kalau perut sudah siap untuk terima santan dan karbo, pilihan terbaik adalah Ketupat Padang Uni Elok (sisi dalam Selatan). Kuah santannya mantap sekali. Tinggal pilih mau tambah telor, perkedel, atau sayur Padang lainnya. Di tempat ini juga jual tape uli Padang.

Walau ‘sinful’, enaaaak…

Untuk runner up, boleh coba dua kedai yang jual makanan Medan – Siantar di sisi Utara (luar). Sayur-sayurnya mantap dan cukup langka. Utk karbo, bisa pilih bentuk ketupat, nasi putih, atau nasi kuning.

5. Bubur Terbaik = Bubur Cirebon

Terletak di sisi Timur. Sebenarnya rasa biasa, namun tidak ada tandingan sih di Pasar Delapan.

Pelayanan cepat beserta kerupuk dan kaldu yang boleh ditambahkan sepuasnya membuat bubur ini ramai pengunjung.

6. Dessert dan Minuman Terbaik = Kuo Wang

Terletak di sisi Timur (dekat bubur), Kuo Wang menjual kembang tahu (kuah jahe), ketan hitam, kacang hijau, tay shuan, dan kalau di weekend, jual bubur kacang tanah (tinggal ditambah cakwe utk membuat semakin mantap).

Untuk minuman, ada susu kedelai, teh bunga.

minuman sehat..

7. Kuah Terbaik = Soto Kudus

Soto paling ramai (sudut Timur-Selatan) yang andalannya adalah murah. Biarpun murah tapi memang enak. Menu sampingan-nya pun lengkap (baceman, telur, perkedel).

Untuk runner up, Sotomie Bogor yang terletak di gang tengah. Saat tulisan ini ditulis, ada yang baru buka dan kelihatan menarik (belum dicoba), yaitu Soto Kuning Bogor.

8. Cemilan Terbaik= Multi Winner

Untuk yang ini, sepertinya sulit pilih yang terbaik. Cobalah berkeliaran di sisi Selatan.

Ada Pastelia yang jual risoler smoked-beef mayonaise dan piscok.
Ada deretan yang jual kue medan.
Yang cukup unik, ada yang jual kue pontianak (dibuat di tempat), isi kucai.
Dan terakhir, di sisi Utara, ada yang jual kue pancong/bandros.

 

Kue Pontianak, kucai dan talas…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress