Recipe

[recipe] Siomay Ikan Tenggiri

Description:

siomay dkk

siomay dkk

Secara kalau beli pun tidak pernah pilih yg namanya siomay, selalu ambilnya yg Tahu-nya, jadi pas bikin ini pun engga pakai bikin siomay. Lagian isinya sudah habis dipakai untuk mengisi tahu.
Pada saat pengisian, jangan dipadat2kan supaya tidak keras.
Bumbu kacangnya yg paling mantab!

Ingredients:
Bahan I: (campur di FP sampai lembut)
500 gram ikan tenggiri (atau diganti 300 gr ayam+200 gr udang)
200 gr udang
4 siung bawang putih
1 butir telur ayam
2 batang daun bawang, iris halus
3 sdm minyak wijen
2 sdm gula pasir
3 sdt garam
2 sdt lada halus
2 sdt chicken powder

Bahan II: (Campur)
100 gram tepung kanji (sagu tani)
1 buah labu siam, parut halus, cuci & tiriskan. Ambil ampasnya saja.

Pelengkap:
Kol rebus-gulung
Kentang rebus
Telur rebus
4 buah Tahu putih, potong diagonal, keruk sedikit (untuk tempat adonan siomay)
Kecap manis
Jeruk Limo

Bumbu Kacang:
250 gr kacang tanah, goreng
200 gr cabe merah besar
100 gr gula merah
2 sdt garam
4 siung bawang putih
50 gr kentang rebus, haluskan
600 ml air campur dengan 1 bungkus santan kara kecil

Directions:
Bumbu Kacang: haluskan semua bahan, masak di api kecil sampai mengental & berminyak

1. Masukkan bahan 2 ke bahan 1 sedikit2 sampai tidak berasa lembek
2. Bungkus adonan siomay dengan kulit pangsit/atau pakai cetakan pie kecil
3. Isi adonan kedalam bagian tahu yang sudah dikeruk.
4. Panaskan kukusan. Olesi dasar kukusan dg minyak sayur, supaya tidak lengket. Kukus semua bahan sampai matang.
5. Sajikan dengan bumbu kacang

16 Comments

  • February 16, 2009 - 5:59 am | Permalink

    coba bikin ah..makasih ya

  • February 16, 2009 - 6:10 am | Permalink

    copas ah..dicoba di dapur..thank’s mbak

  • February 16, 2009 - 6:33 am | Permalink

    enaknya yummy jadi kangen siomay bandung

  • February 16, 2009 - 8:03 am | Permalink

    oh sedap ni monike.
    saya senang makan ini, pake kecap yang banyak 🙂
    plus dikucuri jeruk limo, halaaaaaah.
    jadi ngiler.

  • February 16, 2009 - 8:15 am | Permalink

    wah asik nih, bisa dicoba

  • February 16, 2009 - 8:23 am | Permalink

    yam yam yam…..laper…..:)

  • February 16, 2009 - 9:21 am | Permalink

    disini ada juga yg jual siomay Bandung…..enak juga sih rasanya, biarpun lokasinya agak jauh dr rumahku…….

  • February 16, 2009 - 10:30 am | Permalink

    Padahal mestinya siomay sydney ya.. 🙂

  • February 16, 2009 - 10:31 am | Permalink

    coba masak atau coba makan nih.. 🙂

  • February 16, 2009 - 10:31 am | Permalink

    copas nih apa… boleh boleh.. 🙂

  • February 16, 2009 - 1:09 pm | Permalink

    emmm enak mau deh, bikin thanks ya.

  • February 16, 2009 - 4:12 pm | Permalink

    masakan ini menggoda sekali……..sambil nyodorin piring kosong……

  • February 17, 2009 - 2:11 am | Permalink

    Monike, tahu yg udah dikeruk bisa dicampur ke adonan daging khan? Sayang kalo ada yg terbuang 🙂

  • February 17, 2009 - 7:52 am | Permalink

    kemarinnya sih sama aku, sisa tahunya digoreng pake telur tambah bawang+cabe rawit gitu. Aku googling sih katanya ada yg dicampur ke dagingnya, tapi merubah rasa engga ya? Atau malah jadi lebih enak?

  • February 19, 2009 - 11:11 pm | Permalink

    Waduuh.. saya baru ingat lagi sama siomay. ingat waktu SMA dulu, jajannya somay.. 🙂 Jadi kepengen buat sekarang. 😉 thanks!

  • February 20, 2009 - 1:31 am | Permalink

    makasih resepnya

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Powered by: Wordpress