[app] Rencana Libur Lebaran 2015 with Travelio

Dulu sebelum punya anak, menginap di hotel bintang lima adalah suatu getaway yang menarik. Namun kami melakukannya terakhir nyaris 5 tahun lalu, tepatnya Desember 2010 di Ritz Carlton Kuningan, ketika hamil 3 bulan #gemini.

Padahal ketika cuma berdua, kami suka sekali melakukan weekend gateaway yang sangat relaxing ini. Sekedar menikmati kamar tidur yang spacious, mewah dan cantik. Berendam di bath tub dengan sabun-sabun wangi. Memanfaatkan fasilitas olah raga. Makan pagi yang besar! Dan biasanya Lebaran saat yang tepat, karena Jakarta amat sepi, dan hotel pun ramai-ramai memberi diskon besar.

Semenjak ada #gemini, dalam 4 tahun terakhir ini, selama libur Lebaran, #gemini selalu diajak menikmati lengang nya Jakarta dan Serpong, dan biasanya mal-to-mal. Libur lebaran 2015 ini, kami berpikir untuk menginap di salah satu hotel bintang lima di Jakarta. Menikmati Jakarta lebih dekat. Main di kolam renang. Berendam dan main buble bath di bath tub nya. Makan pagi dengan menu chocolate dan chocolate. Makan siang/malam di ranjang (big no no kalau di rumah deh). Tidur dengan selimut tebal dilengkapi dengan fully black out curtain. Bahkan simple activities: menggunakan access card, naik  turun lift, mencari nomor lantai di  lift juga membuat #gemini akan senang.

Tantangannya adalah memilih hotel bintang lima yang dapat dinikmati oleh #gemini tapi harganya bersahabat dengan credit card papi bunda. Best deal hotel ini bisa didapat dari banyak situs online, travel agent atau langsung melalui hotel.

Namun tidak ada satupun yang pasti didunia ini, termasuk siapa yang bisa memberi harga terbaik. Misalnya: untuk pemesanan menginap 25 April, mungkin situs A memberikan harga terbaik, namun untuk menginap tanggal 8 Juni  harga terbaik bisa jadi diberikan dari hotelnya langsung. Karena itu, penting untuk selalu mengecek siapa yang memberikan best deal.

Nah untuk libur Lebaran 2015 ini, saya mencoba situs Travelio (click link here), sebuah situs lokal besutan Hendry Rusli, Christie Tjong, Christina Suriadjaja, dan Furia Agustinus dengan maskot si Lio (Lion/Singa). Kalau situs online booking lain biasanya kita pilih hotel dan sudah ada rate menginap per malam, di situs Travelio ini sistem nya kita menawar rate menginap permalam. Dengan tagline you trip, your price kita menentukan sendiri, mau menginap dimana dan kita tawar rate hotel yang ‘rela’ kita bayar.

Nah di sini, mau coba kasih tahu proses-nya mudah.

Step 1 – Cari Target…

Registrasi dulu! Setelah itu saya pilih tujuan dan tanggal menginap. Misalnya, Jakarta untuk periode 17-19 Juli 2015. Setelah masuk  ke page bagian pilihan hotel, short listed pilihan.  Hotel bintang lima dan yang memiliki fasilitas kid club dan kid pool).

Hasilnya hanya 3 pilihan. Dari 3 pilihan ini, saya hanya prefer DharmawangsaHotel. Kid pool nya bagus. Agar pilihan lebih banyak, saya perluas pilihan hotel, yang penting hotel bintang lima saja. Dari sini, saya dapat 19 pilihan hotel bintang lima di Jakarta.

Pilih kriteria, dan tentukan target hotel.

Pilih kriteria, dan tentukan target hotel.

Step 2 – Tawar!!

Dari ke 19 pilihan ini, saya pilih 4 hotel dan mulai masukan penawaran.  Jika gagal, hasilnya adalah saya diminta untuk mengubah tawaran. Iseng saya mulai kumat. Saya naikin penawaran sedikit-sedikit nih.. mumpung bisa menawar online dan tidak dimarahi oleh penjual (dan terutama oleh suami).

Eh ternyata memang menawar itu seni. Mesin pun bisa marah. Setelah mencoba 10x menawar, katanya besok lagi aja deh menawar lagi. Hahaha!

Tawar terus.... Semangat!

Tawar terus…. Semangat!

 

Step 3 – Coba-coba lagi.. atau bahasa keren ilmiahnya – Iterasi Baru

Dari sini, ada satu pengamatan : harga terendah yang ditawarkan menurut Travelio adalah Rp 1.615.000 dari ke 4 pilihan hotel saya. Saya mulai menawar dari angka 1jt (ditolak), 1.1jt (ditolak), 1.2jt (ditolak), 1.3jt (diterima).

Coba lagi, dengan gradasi lebih kcil (per 10 ribu) dapat angka di Rp 1.240.000. Jadi rasanya itu adalah angka penawaran yang terbaik untuk ke 4 pilihan hotel di periode tersebut. Dan saat saya cek ke situs lain, harga yang saya tawar itu memang murah.

Step 4 – Iterasi Final! Let’s do this!

Berikutnya saya memutuskan untuk mencoba kembali situs Travelio tetapi kaliini pilihan menginap hanya di The Keraton atau Dharmawangsa. Kali ini saya cek dulu di situs online lainnya, berapa harga mereka pasarkan untuk kedua hotel ini di periode yang sama supaya saya tahu saya harus tawar di harga berapa.

Harga yang saya masukkan 10 persen lebih rendah dari harga terendah situs online lain dan yaaay, saya berhasil! Harga ini sudah termasuk pajak + service fee dan makan pagi. Proses selanjutnya adalah membayar. Pilihan membayar bisa dengan kartu kredit, internet banking dan transfer.

Yeah.. dapat!

Yeah.. dapat!

BUT….. (ini penting nih)

Namun saya lihat, Travelio tidak memberitahukan hotel apa yang saya bayar. Kebiasaan buruk nih, FAQ saya baca belakangan. Saya baru bisa mendapatkan informasi hotel apa yang akan saya dapat setelah pesanan terkonfirmasi dan pembayaran selesai dilakukan.

Jadi sebelum bertransaksi di Travelio, baca dulu FAQ nya disini (click link here).

Kebetulan hotel yang saya pilih range harganya beda jauh. The Keraton harga rata-rata online di Rp3.8jt dan Dharmawangsa di Rp5.8jt  — Jadi saya tahu, kemungkinan besar saya akan dapat tempat di The Keraton.

Tips-nya : pastikan saja kalau kita pilih ‘Tawaran Beberapa’ jika :

1. Range harga hotel dekat
2. Kita tidak masalah untuk tinggal di salah satu dari pilihan hotel tersebut
3. dan sudah menawar di harga terbaik yang mungkin.

Pastikan juga bahwa kita tidak akan membatalkan perjalanan. No changes. No refunds.

Menyiapkan rencana liburan itu selalu menyenangkan. Sama menyenangkannya dengan liburan itu sendiri. Situs Travelio cukup menjanjikan di Indonesia. Dan memang bener sih bisa membuat saya bisa menyusun rencana liburan lebih menyenangkan lagi.

Kebayang juga jika kita mencari tempat tinggal untuk business travelling on specific budget, jadi lebih mudah.

PS. Adik saya mau berlibur juga, lalu saya text ke dia. Saya bilang, I highly recommend using Travelio. The savings can be well worth it. But do a lot of research before bid, set maximum price you will pay and have fun with bidding

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *