It's Life

[life] Alternatif Tempat Bermain Anak di Serpong

Berhubung sering keliling-an di seputaran Serpong, terutama di tiga perumahan Alam Sutera, Gading Serpong, dan BSD, jadi sadar bbrp tempat itu asyik untuk anak-anak.

Tempat-tempat yang ditulis di sini sebenarnya bukan tempat wisata, banyakan fasilitas gratis. Namun menurut saya, bagus buat alternatif. Jadi kadang hanya mampir 15-30 menit pun sudah akan berkesan. Jadwalnya pun enak. Makan pagi (cari makanan di seputaran Serpong), main ke satu dua tempat, makan siang (mal?), pulang. Ga kena macet, ga kena ramainya mal.

Oke, berikut list-nya. Lokasi detail, Google Map saja ya.

1. Taman di Sektor 7A Gading Serpong

Di sektor ini, terdapat taman untuk bermain. Memang mirip dengan yang di mal. Ada ayunan, sliding, panjat-panjat. Tapi semuanya terbuat dari logam, dan beralas rumput, plus luas. Kadang anak hanya butuh ruang untuk lari-lari.

Buat orang tua yang menunggu, kalau datangnya pas, suka ada jajanan (terutama sore).

Gading Serpong Sektor 7A

Gading Serpong Sektor 7A

2. Summarecon Mal Serpong (SMS)

Pergilah pagi-pagi ke sini, banyak pilihan sarapan. Setelah itu, ajak anak-anak untuk main pasir (depan lobi yang dekat Best Denki). Di dekat situ, juga ada tempat main (bukan plastik).

Setelah puas main pasir, bisa jalan ke sisi luar Downtown Walk, ada kolam koi. Jam 10 pagi (weekend) akan ada pemberian makan. Tiap anak akan diberi satu kantung kecil makanan ikan.

Tips : jangan lupa bawa alat alat main pasir.

Kolam ikan koi dan main pasir di SMS

Kolam ikan koi dan main pasir di SMS

3. Scientia Square Park (Gading Serpong)

Lokasi di belakang Summarecon Digital Center (SDC). Kalau naik mobil bisa diparkir di SDC atau apartemen Scientia.

Ini berbayar. Per orang (anak-dewasa) dikenakan Rp 25ribu kalau weekend. Buka dari jam 5 pagi.

Di dalam terdapat fasilitas main anak, lapangan luas, ayunan, dan beberapa wahana seperti simulasi panjat tebing, tempat main skate-board, kolam dengan kabut.

Walau tidak luar biasa, tapi jenis-jenis mainan-nya tidak standard, dan anak-anak tentu senang explore. Selain dari mainan, di tempat ini juga ada sawah dan ada tempat yang dinamakan taman Metamorfosis, tempat dimana kita bisa lihat daur hidup kupu-kupu.

Karena dekat mal SDC, tempat makan pun bertebaran dengan konsep open air.

Tips : bawa baju ganti, godaan main air tinggi.

Serunya main di Scientia Square Park

Serunya main di Scientia Square Park

4. Flavor Bliss Alam Sutera

Mungkin ini tempat yang tidak asing, namun cobalah ke sini pagi-pagi. Masih sepi dan anak-anak bisa melakukan beberapa kegiatan menarik.

Pertama, dekat tempat ini ada Pasar Delapan. Pasar basah, dimana anak-anak bisa ikut lihat keramaian pasar dan lihat berbagai jenis sayur, buah, ikan.

Kedua, di belakang deretan Sushi Tei ada fasilitas bermain. Standard dari plastik sih, tapi surrounding-nya luas, dan ada kolam ikan yang bisa disusuri.

Ketiga, jam 10 pagi, kunjungilah supermarket Loka. Mereka punya acara untuk anak-anak. Entah bikin sandwichbanana split. Dan supermarket ini juga punya trolley mini yang bisa didorong oleh anak.

Mungkin aktivitas di sini mirip dengan ke mal sih. Tapi sifatnya lebih outdoor. Dan beda dengan The Breeze di BSD, di sini semua berdekatan. Tidak perlu naik turun mobil.

Dan begitu selesai dan capek, makan tinggal pilih aja mau di mana. Kalau di McD atau Hokben, dalamnya, lagi-lagi ada tempat mainan anak walau kecil.

O ya, di kompleks ini juga ada taman bermain berbayar, Little Jungle. Bedanya dengan di mal, walau wahana lebih dikit, tapi di sini luas banget space-nya.

Aktivitas di Flavor Bliss

Aktivitas di Flavor Bliss

5. Residence One, BSD

Sekarang kita mulai masuk ke jurus ‘memanfaatkan fasilitas developer’ yang digunakan sebagai bahan jualan. Untuk Residence One ini, konsep yang dijual adalah Wonders of the World.

We're in Egypt! .. JK, ini di Residence One, BSD

We’re in Egypt! .. JK, ini di Residence One, BSD

Di sini kita keliling tiap cluster, dimana di tiap cluster ada tiruan keajaiban dunia. Tidak banyak yang bisa dilakukan kecuali jalan dan foto-foto. Namun untuk kunjungan pertama, pasti menarik lihat piramida kecil, patung Liberty, Eiffel, dll.

6. Masuk Cluster-Cluster

Sedikit ironi adalah fasilitas yang disediakan cluster biasanya jarang sekali digunakan, termasuk untuk anak-anak. Kadang modal pede saja masuk ke satu cluster. Alasan yang biasa gampang adalah mau lihat-lihat properti.

Beberapa cluster seperti Pondok Hijau Golf (Gading Serpong) memiliki club house yang dijaga satpam dan bisa menanyakan identitas, namun kebanyakan cluster lain tidak seketat itu.

Fasilitas cluster cluster

Fasilitas cluster cluster

Berikut beberapa cluster di perumahan2 Serpong yang pernah kami kunjungi dan punya tempat bermain yang cukup asyik :

  • Sutera Palma (Alam Sutera), memiliki taman bermain yang dilengkapi ayunan, rumah-rumahan, titian, tiang-palang untuk panjat-panjatan.
  • Cluster Nitaya (Avani BSD), memiliki sawah-sawahan, dimana anak-anak bisa mengitari sekelilingnya.
  • Cluster di Foresta BSD, hampir setiap perumahan memiliki rumah pohon kayu dan ayunan.
  • Cluster Lavender (Gading Serpong), ada kolam yang bisa dipancing ikannya. Kalau ga ikutan mancing, ya minimal anak-anak bisa nonton yang pada mancing.

Bahkan kadang, explore saja cluster-cluster yang baru dibangun belakangan, biasanya lumayan bagus fasilitasnya.

—–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress