Bon Appetit

[resto] Pindang Ikan (Palembang)

Ada 2 jenis pindang ikan di Palembang yg aku coba. Pindang Meranjat dan Pindang Pegagan.

Pindang Resto

Pindang Resto

Pindang Meranjat di RM. Ibu Ucha di Jl. Demang Lebar Daun no 14 (phone. 0711-374201) dan Pindang Pegagan di RM. Pegagan Indah, juga di Jl. Demang Lebar Daun, tapi no. 184 (phone. 0711-412011).

Menggunakan ikan patin, harga semangkok pindang kurang lebih sama, sekitar Rp 10K – Rp. 13,5K. Sempet tanya2 ke wong Palembang, tapi engga nemu yang bisa menjelaskan bedanya. Intinya sih, Pegagan dan Meranjat ini sama-sama nama daerah di Palembang. Banyaknya yg bilang, kalau pindang yang enak yang dari Meranjat.

Menurut aku, kalau yang Pegagan rasanya lebih asam, sementara yang Meranjat lebih wangi karena menggunakan daun kemangi plue menggunakan potongan nanas juga. Ikannya lebih besar yang di Pegagan Indah, tapi sambal mangga (sambal khas Palembang yang dicampur dengan irisan buah mangga muda)-nya lebih enak yang di Ibu Ucha. Kalau untuk pindangnya sama-sama enak, asam dan segar. Cuman buat datang 2X, prefer yang di Ibu Ucha deh.

Kalau mau coba di Jakarta, bisa ke RM. Putra Sriwijaya di Jl. Proklamasi.

Oh ya, selain pindang ikan, juga ada pindang tulang. Kalau yang ini dibuat dari sapi. Belum coba, jadi belum bisa cerita rasanya deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress