Recipe

[recipe] Otak-otak Ikan Tenggiri

Description:

Otak Otak Ikan Tenggiri

Otak Otak Ikan Tenggiri

The perfect appetizer, snack or meal. Enjoy!

Ingredients:
500 gram daging ikan tengiri, kerok dagingnya saja dengan menggunakan sendok
100 ml santan kental dari ½ butir kelapa
200 gr tepung kanji
10 lbr kucai iris halus
1 putih telur
garam, gula dan merica secukupnya
2 sdm air perasan jahe (jahe diparut, diambil airnya)
daun pisang untuk membungkus
Es batu secukupnya
5 siung bawang putih, haluskan
2 siung bawang merah, haluskan

UNTUK SAMBAL KACANG:
25 gr kacang tanah
50 gr kemiri
2 buah cabe merah
3 buah cabe rawit
2 siung bawang putih
75 cc air matang
1 sdm gula pasir, 1/2 sdm garam
2 buah jeruk limo, diperas ambil airnya

Directions:
1. Satukan ikan yang telah dihaluskan bersama es batu, bumbu halus, santan, putih telur, garam, dan merica. Masukkan tepung kanji, uleni sampai tidak lengket di tangan.
2. Ambil sepotong daun pisang, beri 1 sdm penuh adonan. Ratakan. Gulung hingga rapi dan membentuk silinder kecil. Semat kedua sisinya dengan lidi.
3. Bakar dengan api kecilsambil balik-balik hingga daun kering dan otak-otak matang
4. Sajikan hangat dengan sambal kacang.

SAMBAL KACANG
Goreng terlebih dahulu: kacang tanah, kemiri, cabe merah & cabe kering.
Haluskan. Tambahkan gula pasir, garam, dan air. Beri perasan jeruk limo.

5 Comments

  • May 31, 2007 - 5:33 am | Permalink

    Mon, aku copy resepnya ya…

  • May 31, 2007 - 6:04 am | Permalink

    boleh… nanti kalo udah jadi, dikirim ke saya ya makanannya..

  • May 31, 2007 - 6:09 am | Permalink

    sippp lah

  • June 10, 2007 - 1:19 pm | Permalink

    Yummy nih otak2 nya. Nanti pengen bikin ah, repot ngga sih?

  • June 10, 2007 - 11:26 pm | Permalink

    wah engga sama sekali.. gampang banget malah..paling banter repotnya ngebungkusin satu2 dan ajin supaya tetap kecil2 & ukuran sama.. 🙂

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Powered by: Wordpress