[travelfood] Makan Makan Pekanbaru

RESTORAN ANOM

ANOM

Kalau mau cari chinese food restaurant yang paling tua & paling enak di Pekanbaru, pastinya harus ke Restoran Anom. Beberapa tahun lalu waktu saya kesana, masih non-halal resto; tapi kemarinnya pas kembali lagi sudah jadi halal restoran. Masih tetap enak & penuh, tapi sedikit kehilangan dengan menu babi-nya yang superb itu.

Menu2 andalannya: Ayam Bungkus Timah (mirip ayam obat – Rp 65K), Kailan cah Bawang Putih (crispy – Rp 15K), Angsio Tahu Jepang (Rp 15K),

Oh ya, khas pekanbaru nih; begitu datang suka disajikan kue talam jagung manis khas riau (Rp 1.25K). Enak dan manis bentuknya. Dibungkus kotak daun pandan dan dihiasi biji jagung.

Lokasi:
Jl. Gatot Subroto no. 3, ph. 0761.20312 Pekanbaru

RM. GOLDEN THAI

GOLDEN THAI

Kalau mau makanan Thailand, Golden Thai cabang Medan juga ada di Pekanbaru. Tempatnya bagus, ada ruang VIP-nya. Yang paling penting, makanannya tidak mengecewakan.

Menu yang sudah dicoba & enak:
Soup: Tom Yam Kung (dengan udang pancet – Rp 50K), Tom Yam Po Thek (dengan seafood – Rp 45K)
Ayam: Kai Yang (ayam panggang ala Thai – Rp 25K), Kai Ho Bai Teay (ayam goreng bungkus daun panggang – Rp 25K)
Seafood:Kung Hom Pa (lumpia udang – Rp 25K), Ho Lai Pad Prik Pao (kerang putih masak sambal Thai – Rp 27.5K), Kung Pao (udang panggang – Rp 42K)
Ikan:Pla Kao Tod (must-to-try ikan goreng dengan salad jeruk bali – Rp 45K), Pla Kao Sam Rot (ikan goreng dengan saus 3 rasa: manis, pedas & asam – Rp 45K)
Sayur:Pad Noh Mai Nam (asparagus tumis jamur – Rp 25K), Pak Boong Fai Deng (kangkung masak sambal Thai – Rp 12K)
Nasi & Mie: Khao Op Saperot (must-to-try nasi goreng dalam nanas – Rp 15K), Kwee Tiao Pad Thai (kwee tiao goreng ala Thai – Rp 15K)
Dessert:Man Ciam (kolak ubi manis – Rp 6K)

Lokasi:
Medan: Jl. S. Parman no. 252B (Simp. Jl. Hasanuddin), ph. 061.4534302
Pekanbaru: Jl. Jend. Sudirman no. 247, ph. 0761.7076682

RM. PONDOK GURIH

PONDOK GURIH

Makanan khas di tempat ini adalah ikan Patin, dijual per potong dengan harga Rp 16K. Bisa dimasak dengan cara asam pedas, bakar atau goreng.
Juga boleh dicoba, Pantau Goreng (Rp 20K); sejenis ikan teri besar, tidak terlalu asin. Dimakan dengan sambal belacan cobek (Rp 1.5K) dan nasi putih … hmm lahap deh!

Tapi sebetulnya kalo mau makan ikan patin, lebih OK lagi kalo ke Pondok Patin H. M. Yunus di Simpang Tiga, Jl. Kaharudin Nasution. Katanya, selain lebih enak, lebih murah lagi untuk per potongnya – Rp 10K. Terutama lagi, mereka menyediakan minuman khas Riau (selain juice jagung [jagung kaleng, santan & gula; diblender deh..] yang ada di hampir semua resto di PKU): pati kurma madu, laksamana mengamuk, dan air mata pengantin.

Lokasi:
Jl. Jend. Sudirman no. 202, ph. 0761.27069/40323

Ada 2 tempat makan lagi yang dijajal, pertama adalah bakut teh (Lokasi: Kedai Kopi Harapan, Jl. Riau, ph. 0761.860812 – Komp Riau Business Center (RBC) Blok B/21). Biasanya sih engga suka. Preferably-nya bakut sayur asin; soalnya bakut teh biasanya berasa obat. Tapi kali ini suka, engga berasa obat dan segar. Kedua; mie ba. Ehm.. selalu menyenangkan mencoba mie lokal. Kalo udah itu jadi kata temen, kalo di Jakarta kebanyakan mie-nya salah. Rasanya salah, sayurnya salah sampe kuahnya pun rasanya salah.. hehehe.. mungkin terlalu berlebihan; tapi somehow someway mie di sumatera memang berasa lebih enak. Biasa.. rumput tetangga kelihatannya emang hijau..

enaknya

 

5 thoughts on “[travelfood] Makan Makan Pekanbaru

  1. huah, libur lebaran kemarin aku lewatin trus, tp sjak nyoba 3 resto thai lain selain suan thai membuatku kuciwa, jd males.Minggu depan ke medan lagi daku coba ah. Eh kalo ke medan nyoba mie, ke daerah Golden adja. Mie pangsitnya hm hm hm

  2. golden thai di pekan baru itu saya ga ngeh tempatnya hehe.. mungkin karena jl. sudirman segitu bagongnya ya? crowded pula. kalau golden thai di medan saya tau, tapi ga rame. ramean thai express 😀

  3. Numpang promosi yaa……….

    Telah buka di kota Pekanbaru
    Sate Kelinci Pak Sugeng Jl.Soebrantas blok.C No 96 parkiran –panam Pekanbaru didepan rama abadi motor, Hp:085265912939/081373822745.
    Rendah Kolestrol dan Insya Allah dapat digunakan sebagai obat yang mampu menyembuhkan atau minimal meredakan penyakit asma, infeksi tenggorokan, liver, dan asam urat. Daging kelinci ternyata mengandung suatu zat yang disebut senyawa kitotefin. Senyawa tersebut apabila digabungkan dengan senyawa lain seperti lemak omega 3 dan 9 disinyalir bisa sebagai penyembuh asma, serta aman di konsumsi buat penderita Jantung, Hipertensi,dan juga bagi yang kelebihan berat badan.
    DIJAMIN HALAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *