Movies & TV

[mov] Corpse Bride (2005)

Genre : animation, drama
Rating : 4/5
IMDB link click here

With this hand I will lift your sorrows.
Your cup will never be empty, for I will be your wine.
With this candle, I will light your way into darkness.
With this ring, I ask you to be mine
(thanks toVictor Van Dort at Corpse Bride)

Awalnya standard, sama seperti kisah2 cinta yang ambil setting jaman dulu. Pedagang kaya yang ingin naik kelas dengan menikahkan putranya (Victor Van Dort) ke keturunan bangsawan yg miskin, dan seperti biasa – biarpun miskin namanya bangsawan engga pengen ketahuan dan tetap bergaya kaya. Karena itu sang bangsawan harus menikahkan putrinya (Victoria Everglot) ke pedagang yg kaya.

Corpse Bride (2005)

Corpse Bride (2005)

Semula masing2 menganggap bahwa ini hanya sekedar perjodohan dan takut kalau masing2 tidak saling suka. Sampai tak sengaja, pada saat perjumpaan pertama kali di rumah Everglot, Victor dan Victoria ternyata saling suka.

Saking sukanya, pada saat rehearsal – Victor engga bisa mengucapkan vowsnya dengan baik. So clumsy.. Sampe2 Victor menjatuhkan wedding ring-nya. Si pastor jadi marah dan menganggap Victor engga berniat menikah.

Karena malu, Victor keluar dari ruangan dan jengkel pada diri sendiri. Kenapa juga engga bisa mengucapkan vowsnya. Dia lari keluar sampe engga sadar berjalan sampai masuk ke hutan. Eh ketika dia berhasil mengucapkan vowsnya ternyata ada Emily, bride-to-be yang sudah meninggal yang menjawab “I do”. Emily sendiri menganggap bahwa Victor adalah cinta sejatinya yang telah lama ia tunggu.

Seterusnya, nonton sendiri aza ya. Seru kok. Siapa yang dipilih coba akhirnya..? Pernikahan selalu romantis, walau itu dimainkan oleh the corpse.

Animasinya bagus banget. Walaupun sesekali keliatan lucu, tapi efek seram dan tegangnya juga ada. Suasananya hampir selalu gelap, suram dan kelabu.

Musiknya ringan, cantik dan terdengar pas banget di film ini. Terutama dentingan pianonya yang sangat menghidupkan romatisme.

Ceritanya juga sangat menarik. Engga terduga dan bikin penasaran untuk sampai pada endingnya.
Makanya engga salah lah kalau di tahun 2005 film ini memenangkan dinominasikan untuk Academy Award for Best Animated Feature of The Year (Penghargaan Oscar untuk film animasi terbaik). Engga menang sih, tapi masih lumayan kan masuk nominasi.

Disutradarai oleh Tim Burton, film ini dibuat dengan menggunakan teknik stop motion yakni boneka, model atau gambar yang digerakan oleh tangan animator dengan cara memindahkan setiap posisi secara berlahan dan kemudian direkam oleh kamera foto atau video. Dengan teknik ini maka karakter menjadi lebih hidup.

…and this one is a perfect ONE!

 

Can a heart still break after it’s stopped beating?
(thanks to Barkis Bittern at Corpse Bride)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress