Bon Appetit

[resto] Warung Mbah Jingkrak (Jakarta)

Resto Mbah Jingkrak

Resto Mbah Jingkrak

Saking banyaknya yg cerita kalau ada resto dengan masakan Jawa yang biasanya super manis, tapi ditempat ini katanya super pedes, pun pas hari sabtu itu lihat acara memasak tahu gembus (ampas tahu) di RM Mbah Jingkrak.. jadilah, tambah pengen buat coba..

Lokasinya gampang, tepat di jalan raya. Yang menonjol adalah logo-nya… mbah2 yang lagi hopping (=jingkrak) pakai jarit/kain digulung setinggi lutut dan senyum2 nakal… Terus, rumah joglo. Interiornya sendiri sangat menarik, ruangan khas Jawa dengan dinding gebyok dan 4 pilar kayu yg menopang. Karena berasal dari Semarang, ada foto2 kecil yg juga malu2 dipasang di RM ini.

Tatanan makananya menarik: lauk ditempatkan di kendil ataupun piring tanah liat, sedangkan aneka sambal ditempatkan di cobek. Pilihan menunya banyak sekali: nasi merah, tempe gembus bacem, ayam rambut setan, ati boyo, teri buto ijo, daging gendruwo dll. Minumannya ada: es tobat, es insyaf, es jujur dll. Banyak banget deh.. sampai bikin bingung.. Harganya berkisar Rp 2K – 20K. Ada beberapa stoples kuno berisi ikan kecil goreng, udang kali goreng dan kering kentang yang diserut halus panjang.

Tapi yang menonjol adalah sambel iblis, sambal yang sangat pedas.. Rasanya? Pedes sekali.. tapi engga mantap.. Hanya pedesnya saja yg kerasa, itupun engga pedes2 amat.
Tinggal tunjuk lauk yg kita mau, kemudian pelayannya akan menakarkan buat kita kemudian diantar ke meja kita

Secara keseluruhan, makanan sih biasa aza; cuman pedes aza.. itupun engga terlalu menggigit pedesnya.. masih pedesan makanan Manado.
Dan yg bener2 engga cocok ya, cara mereka menamakan makanannya.. kenapa juga harus dihubungkan dengan iblis dan setan ya..? Ada hal2 baik sebetulnya untuk nama kan..

Mau coba? Terserah deh…

Lokasi:
Warung Mbah Jingkrak
Special masakan Jowo
Jl. Bulungan 26, Kebayoran, Jakarta Selatan Telp. 021.7220891

15 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress