Movies & TV

[mov] The Butterfly Effect (2004)

Butterfly Effect, The (2004)

Butterfly Effect, The (2004)

Genre : scifi, thriller
Rating : 4/5
Verdict : Ceritanya menarik dan bisa diperdebatkan.
IMDB link click here

CHANGE ONE THING, CHANGE EVERYTHING!

[cautious: spoiler!!]

Pakai chaos theory.

Mengenai anak muda (dan 3 orang temannya) yg punya `sakit’ dengan otaknya, sering blackout. Jadi kalau sedang ada masalah besar, dia blackout .. tidak ingat apa yang terjadi.. Kebetulannya, ada beberapa masalah besar yg melibatkan teman2nya juga yg menyebabkan dia sering black out Karena sering blackout ini, maka dia menulis jurnal mengenai hidupnya.

Setelah dia besar, dia menemukan kalau dia baca jurnalnya mengenai blackout ini, dia bisa ingat kejadian masa lalu dan merubahnya menajdi masa sekarang yg berbeda. Tetapi apapun yang dirubah, akan ada salah satu temannya atau bahkan dia sendiri yg akan dirugikan..

Tidak bisa semuanya bahagia. Change one thing, change everything!
Kita punya moment dalam hidup yang kita harap bisa kita ubah. Dari yang salah ke yang benar. Membetulkan kesalahan. Mendapatkan cinta – atau kekuasaan. Dari sini maka berkembang teori chaos. Merubah suatu hal, tapi efeknya adalah bisa merubah yang lainnya juga. Dengan kata lain, merubah suatu hal akan ada efek untuk hal yang lainnya. Misal, kalau kita kembali ke masa lalu dan membunuh kakek kita, apakah di masa kini kita akan exist?

And so on.. and so on..

Butterfly effect ini sendiri merupakan suatu teori dari Lorenz
(1972) yg berhubungan dan teori chaos ini sendiri – “sensitive dependence on initial conditions”

Illustrasinya bahwa satu kepakan dari seagull, bisa merubah seluruh kehidupan/musim masa depan di laut..(One meteorologist remarked that if the theory were correct, one flap of a seagull’s wings would be enough to alter the course of the weather forever)( Predictability: Does the Flap of a Butterfly’s Wings in Brazil set off a Tornado in Texas?) Sangat menarik film ini.. menjelaskan suatu teori dengan enak.

SPOILER: akhir cerita .. si anak muda itu pada waktu di kandungan ibunya bunuh diri.. [terjerat tali pusar] .. akibatnya [mungkin saja] semua permasalahan dg teman2nya tidak timbul. Siapa tahu..?

Jadi, apakah ini berarti ketidakberadaan kita lebih baik dari keberadaan kita.
Atau: keberadaan kita saat ini harus dibuat sangat berarti supaya tidak merugikan yang lain..

Final: siapa bilang hidup ini mudah? Hehehe.. yang penting; buat yg belum nonton film ini, sempetin nonton ya..
[dari berbagai sumber]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress