[nature] Alat Pembuat Lubang Resapan Biopori

Biopori adalah lubang di dalam tanah yang terbentuk akibat berbagai aktifitas organisme didalamnya, seperti cacing, akar tanaman, dan fauna tanah lainnya. Lubang yang terbentuk akan terisi udara, dan akan menjadi tempat berlalunya air di dalam tanah. Apabila lubang seperti ini dibuat dalam jumlah banyak, maka akan meningkatkan kemampuan tanah untuk meresapkan air. Dengan demikian akan memperkecil peluang terjadinya aliran air di permukaan tanah atau banjir.

Peningkatan jumlah biopori tersebut dapat dilakukan dengan membuat lubang vertikal ke dalam tanah. Lubang tersebut selanjutnya diisi bahan organik seperti sampah organik rumah tangga, potongan rumput dll. Lubang ini juga dimanfaatkan sebagai lubang peresapan air atau disebut Lubang Resapan Biopori (LRB)

Cara membuatnya sederhana, tapi diperlukan tenaga. Dengan alat bor khusus, dibuat lubang silindris vertical (diameter 10 cm, kedalaman 100 cm). Lubang selanjutnya diisi dengan sampah organik rumah tangga (sisa potongan sayur bukan sisa masakan), potongan rumput atau daun, dll. Setiap punya sampah2 seperti ini, sekarang my maid kumpulin kemudian dimasukkan ke dalam LRB, terus ditekan dengan alat bornya supaya masuk kedalam. Setelah itu ditutup dengan tutup plastik khusus juga.
Proses ini baru dijalanin sekitar 2 minggu terakhir. Katanya kalau sudah 3-4 bulan, tergantung sampah yang ada.. lubang yang penuh, yang tadinya sampah akan menjadi kompos.

Harga alat ini RP 125K, tutup lubangnya Rp 10K. Beli di tetangga.
Bisa beli di Trubus juga, tapi harganya Rp 175K. Tidak tau apakah sama atau tidak, yang pasti kalau lihat dari site ini, produknya sih sama.

Menyenangkan sekali punya alat ini. This is my contribution to my earth tomorrow.

Lengkap ttg Biopori bisa dilihat disini.

I will establish My covenant or pledge with you:
Never again shall all flesh be cut off by the waters of a flood;
neither shall there ever again be a flood to destroy the earth and make it corrupt
(Genesis 9:11)

 

12 thoughts on “[nature] Alat Pembuat Lubang Resapan Biopori

  1. sudah punya, tapi akhirnya gak dipakai, gara2 pindah ke apartemen.
    tiap kali pulang rumah, cuman liat taman yang seuprit dan sambil mikir, mau taruh dimana tuh lubang, hehehehe ….
    *musti menguatkan hati supaya mulai bikin lubang tikus, kekekeke …

  2. Ya itu, alat pembuat bor. Di Lingkungan (gereja) lagi digalakin pake beginian nih romo.. plus juga, untuk di gereja sendiri.. kan banyak potongan daun tuh, dimasukkin ke lubang2 ini.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *