Apps & Links

[game] Capitalism II

Rating : ★★★★★

Capitalism II

Capitalism II

Category : Simulation
Console : PC

Pertama kali maen Capitalism tuh waktu jaman kuliah pas OS yang digunakan masih windows R.3 (atau apa lah namanya, pokoknya jaman doeloe banget deh pas masih sekolah arsitektur tea).. dan langsung suka.. soalnya game ini bikin kita kayak kita lagi ngejalanin bisnis beneran. Tambah lebih suka lagi karena rumournya game ini dipake di sekolah bisnis Harvard dan Stanford.. (^_^) wuah… Jadilah bener2 suka dengan game jenis ini – segala jenis game tycoon deh..

Terus pas udah ngejalanin sekolah bisnis, denger kabar kalo ada Capitalism II. Langsung berburu deh..

Capitalism II punya 2 new campaigns – Capitalist Campaign (buat yg udah expert) dan Entrepreneur Campaign (buat belajar) plus tutorial buat belajar business strategy. Disini kita bisa belajar menggunakan tool2 marketing, manufacturing, purchasing, importing, retailing, dan terutama bagaimana jadi CEO supaya dari humble beginning bisa berubah menjadi a gigantic mega-company that dominates the market.

Skenario sederhananya nih.. Awalnya kita mau buka toko kecil (humble beginning kan?) di suatu kota. Di kota tersebut juga ada pelabuhan tempat barang2 impor datang. Jadi, kita perlu pilih lokasi dimana toko kecil ini akan kita buka.. supaya banyak yg datang beli (deket dengan neighborhood – lihat demographicnya – area suburb atau CBD) tapi ga kejauhan dari pelabuhan (kalo jauh kan ongkos kirimnya jadi mahal). Supaya efektif, maka kita perlu bikin purchasing dan sales department, hitung harga beli, biaya transportasi, dan berapa keuntungan yang mau kita ambil plus compare dengan harga market untuk menentukan berapa harga barang tersebut akan kita jual. Jangan lupa, punya juga Marketing untuk mempromosikan barang tersebut. Setelah berhasil dan kita punya modal yang cukup, maka kita bisa buka toko lagi (tentukan lokasinya lagi-soalnya ini yang terpenting, dan tentukan jenis toko yang mau dibuka-convinience store atau speciality store) atau mau bikin produk sendiri barangkali (=bikin factory/farming).

Kalo mau bikin pabrik, tentukan dulu kita mau bikin apa, raw materialnya dapat dari mana (misalnya beli atau bikin sendiri – farming atau mining). Supaya produk yang dihasilkan bagus, jangan lupa punya R&D dept. Biarpun kesannya cost center, tapi kalo sudah ada hasil risetnya, maka produk bisa lebih bagus dan sistem produksi bisa lebih efisien. Kalo udah banyak hal yg harus diurus, harus punya headquarter dan manager buat ngurusin hal-hal yang rutin dilakukan supaya kita bisa fokus untuk menguasai lebih besar lagi pasar dan menjadi lebih kaya lagi (^_^) supaya bisa bikin lebih banyak lagi (atau mau beli mansion buat seneng2) dan seterusnya.

Engga cuman produk bagus, tapi juga perlu create persepsi bahwa produk yang kita jual/produksi emang beneran bagus. Biasanya orang cari suatu produk tuh karena kualitasnya (dapet raw material yg bagus tapi engga keterlaluan mahalnya, train workers + R&D), harga, dan brand (advertising). Kalo kualitasnya baik dan brandnya terkenal, kadang orang engga peduli kalo harganya mahal. (bahkan in some cases.. emang harus artinya mahal kalo kualitas bagus dan brand terkenal.. kalo engga mahal, malah orang engga percaya kalo itu barang bagus).

Sounds simple, doesn’t it? *sigh* Masih banyak lagi yang harus dikerjakan dan dipelajari, misalnya manage payroll, outstanding debt, cash flow, stock market, deelel. Belajar baca financial statement, soalnya dari sini kita bisa tah sehat engganya companynya kita plus seberapa kaya kita *glug.glug*

Menang deh

Pokoknya engga cuman maen tapi juga belajar banyak mengenai bisnis. Complex banget deh gamenya (sampe waktu bercocok tanam pun harus dipelajari lho!)

Capitalism dan Capitalism II ampir mirip, menu systemnya engga terlalu banyak berubah. Graphic sama soundnya juga masih mirip2, jadi engga pake waktu lama buat belajarnya lagi kalo udah maen versi sebelumnya. Kurang entertaining seeh sebetulnya.. regardless betapa comprehensivenya itu game sebagai business simulation. Very very interesting though.

Setelah maen banyak tycoon game juga, menurut aku Capitalism II is by far the best tycoon game. Kompleks dan banyak yg bisa dipelajari soalnya mirip banget sama di real-world.

That’s about it….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress