Home, Products, Tools

[shop] IKEA Alam Sutera (preview)

Official site : www.ikea.co.id

Mungkin inilah brand yang kehadirannya dinantikan banyak sekali orang. Dari mulai beritanya bahwa IKEA akan hadir di Indonesia saja, sudah mulai kehebohannya. Dan asyiknya, ternyata lokasi yang dipilih dekat banget dengan rumah.

Petunjuk arah : Tol ke arah Tangerang, keluar Alam Sutera, ikuti aja, terus saat dapat kesempatan putar arah (dekat mal), putar aja. Gerbang masuk ada di sebelah kiri.

Setelah dapat katalog, betapa senangnya karena berkat seorang teman yang kerja di sana, kami sekeluarga dapat undangan untuk ikutan preview perdana. Jadi ceritanya IKEA buka 1 hari di tanggal 11 Oktober untuk test drive. Sudah siap belum untuk menghadapi pelanggan, yang dijamin, akan meledak di hari-hari awal.

thanks Apin for the invitation!

thanks Apin for the invitation!

So, karena perjalanan ke sana naik mobil kurang dari 10 menit, kami mepet aja berangkatnya. Gerbang toko dibuka persis jam 09.15 dan para pengunjung diatur masuknya agar rapi.

Untuk memastikan stress testnya jalan, undangan (yang kami tebak jumlahnya 1000 orang) dipaksa datang dalam interval 2 jam (09.15-11.00), dan kasir baru akan dibuka jam 12.00.  Kebayang penuhnya? Dan kebayang antriannya? Ternyata engga juga.

Jadi diingatkan bahwa IKEA memiliki alur belanja yang jelas, dan zoning mereka ada lebih dari 20, sehingga kalau di masig-masing zoning, spend 5 menit aja, sudah tidak terasa tiba-tiba sudah hampir 2 jam di sana.

Belum kalau makan (kafe dibuka juga), akan habis lagi 1 jam.

Di event ini, ada juga kegiatan fire-drill. Dan pengunjung juga dengan rela ikuti protokol, walau panasnya minta ampun, karena di undangan sudah disebutkan juga akan ada fire drill. Agak menyebalkan (karena bawa anak kecil), tapi ya seru juga.

fire drill

fire drill

Beberapa catatan :

1. Experience belanja memang ya namanya juga brand Internasional, jadi standard dan sama dengan di luar (baru pernah yang di Singapura sih). Dari sisi staffing, sepertinya masih banyak expat, hingga ke level lapangan (bahkan engineer dan store attendant).

2. Kafe juga cenderung sama, cuma mungkin sedikit disesuaikan dengan Indonesia. Yang pasti sepertinya sih baso-nya akan halal. Selain kafe di dalam, juga ada convenient store di luar. Paket hotdog + softdrink (refill!) dijual Rp 12k.

Menu andalan kafe di dalam...

Menu andalan

3. Tempat penitipan anak (sekaligus playground) juga tersedia di lantai bawah (sebelum masuk). Prosedur check in dan check out sama dengan di Singapura.

4. Parkir kelihatannya sih luas, baik di dalam dan di luar.

5. Mengenai barang sih, setelah dipikir-pikir sebenarnya tidak semuanya menarik dan murah. Informa juga pilihan yang baik. Pengalaman kami pakai produk IKEA juga tidak selalu bagus (durable). Tapi yang pasti, DESAIN dan SHOPPING EXPERIENCE = memang top.

6. Mengingat ini yang menunggu banyak, kayaknya weekend2x ke depan (at least 1 bulan) akan nightmare. Jadi sebenernya sih kalau ngga kepepet amat, cari strategi datangnya either weekedays, atau tunggu sampai normal. Tapi kayaknya sih ini akan diabaikan. Serunya justru adalah mengalami nightmare, macet, antri, penuh, dst.

VERDICT : Mengingat jarak yang dekat dengan rumah (hehehe), bakal sering ke sini. Belanja sih belum tentu, tapi utk sekedar menikmati weekdays bakalan asyik.

Tambah lagi deh point positif tinggal di Alam Sutera.

[wp_ad_camp_1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress